[Event] Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra

1:25 PM

Beberapa minggu lalu, aku secara gak sengaja liat instastory dari Make Over, dimana tertera info kalau kak Dhirman Putra akan datang untuk seminar dan workshop.
Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra
Setelah aku liat profil kak Dhirman Putra ternyata udah sering banget makeup in artis2 indo, dan makeup nya juga keren, suka deh pokoknya.  Aku juga pernah liat kak Dhirman di Make Over hunt.

Ini salah satu hasil makeup kak Dhirman yang aku ambil dari Instagram

Selama ini aku belajar makeup secara otodidak, dulu setelah lulus S1 aku sempat ikut private makeup class sama salah satu MUA di Surabaya, benar2 basic aja.  Selebihnya benar2 otodidak dan banyak latihan sendiri.  Tentu aku pengen juga belajar dari MUA yang sudah proffesional dan punya jam terbang tinggi.  Karena apa yang kita pelajari lewat video (misal) belum tentu memberikan informasi sepenuhnya, karena kita tidak melihat secara langsung.

Tanpa basa basi, aku kontak CP nya, menanyakan hal2 terkait biaya dan apa saja manfaatnya.
Lalu aku paid.

Nah seminar dan workshop ini di adakan pada tanggal 20 Desember 2017 di sebuah hotel.
Aku datang sesuai dengan informasi yang tertera (kebiasaan harus on time) hihihi

Setelah registrasi, peserta dipersilahkan duduk, tentu aku mengambil tempat di centre dan di depan supaya bisa melihat dengan jelas.  Setelah duduk beberapa menit, diberikan coffee break, aku melihat salah satu crew berbicara dengan anggota lainnya kalau beberapa meja yang di bagian depan dan tengah tidak boleh di tempati oleh peserta, karena mau di tempati pihak sponsor (miss komunikasi antar crew).  Singkat cerita, dia nyamperin dan meminta aku dan beberapa orang lainnya buat pindah.  (dalem hati ngomong, kenapa juga gak di tulisin kalo tu meja buat sponsor ckckck kan bisa ya kaya di resto biasa mejanya ada tulisan 'reserved' agar tidak ditempati orang lain, lebih baik diberi tanda 'sponsor' kan dari pada harus meminta peserta pindah tempat ^^" ).

Setelah opening akhirnya kak Dhirman yang di tunggu2 masuk juga ke ruangan.  Menurut jadwal acara di mulai jam 10 pagi hingga jam 4 sore.  Yang terjadi acara mulai setengah 11 lewat.
It's ok lah demi berguru dengan MUA hits. hehe

Lalu kak Dhirman yang ternyata asal Samarinda ini memperkenalkan diri, opening dan membawa model yang akan di make over wajahnya.  Temanya adalah glamour makeup, yang cocok buat wedding dan party.
Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra

Di bantu dengan perwakilan dari brand Make Over sebagai pihak yang bekerja sama dengan acara ini, untuk menjelaskan apa yang dilakukan oleh kak Dhirman terhadap model, menanyakan tentang hal-hal yang mungkin juga ingin diketahui peserta.

Demo makeup berlangsung 3 jam disertai tanya jawab dari peserta kepada kak Dhirman.  Untuk alis aja kak Dhirman menggunakan 5 produk guys, semua langsung hening begitu demo alis hehehe

Dan begini hasil nya
Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra
Keren banget, makeupnya pas, on point dan perfect lha

Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra


Untuk prakteknya aku gak membawa model, jadi aku merias wajah sendiri seperti biasa kekekek
Peralatan makeup yang disediakan pihak makeover cukup lengkap, namun misal corrector base nya ada beberapa macam, tapi yang di sediakan di masing2 meja hanya 1 jenis, jadi kalo mau pake yang lain harus pinjam ke meja lainnya.  Lalu disediakan cermin, head band dan apron makeup.
Saat praktek aku juga bertanya mengenai cara contour yang benar.  Dan kak Dhirman langsung mempraktekannya di muka ku sambil aku liat di cermin, gimana cara contour yang betul.

Setelah selesai, kak Dhirman membagi menjadi 2 kategori, kelompok yang self makeup dan makeup pemula (buat MUA baru), dan kelompok lainnya yang proffesional.
Lalu kami di panggil naik ke panggung untuk di nilai oleh kak Dhirman.  Sesampainya di aku, deg-deg an sumpah, secara aku cuma pernah belajar basic sisanya otodidak.  Kak Dhirman buka poni ku gitu buat liat bentuk alis kiri dan kanan, kemudian di minta tutup mata untuk di lihat bagaimana teknik pengaplikasian eye shadow lalu teknik lainnya.

Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra
Ini hasil self makeup ku

Jadi penilaiannya di aku adalah 'Udah bagus, complexion bagus, eye shadow bagus, tapi cuma lem bulu matanya aja kurang rekat'.  Puji Tuhan ya di nilai seperti itu tentunya senang banget, secara untuk mendapatkan complexion yang bagus itu menurut aku susah, perpaduan foundation dan base makeup lainnya harus pas kalo gak bisa cakey atau cracking.  Penggunaan eye shadow juga harus rapi dan tidak boleh kaku menurut ku susah banget untuk eye shadow

Workshop pertama bersama MUA Dhirman Putra
Foto aku bersama dengan kak Dhirman yang luar biasa professional

Info yang aku dapatkan dari CP mengatakan bahwa tools dan makeup di sediakan, bahkan di foto instagram CP juga mengatakan demikian, namun ternyata lem false lashes gak di sediakan sehingga aku harus pinjem ke peserta lain yang kebetulan bawa.  Brush yang disediakan juga cuma 4-5 buah.  Untungnya aku bawa brush pribadi karena takut kalo pake brush orang lain (parno pernah liat berita gitu di news karena menggunakan brush teman, wajah orang itu jadi bermasalah karena kuasnya ada bakteri gitu).

Banyak hal yang aku dapat dari kak Dhirman, dimana kita harus belajar terus, jangan cepat puas, semua kembali ke jam terbang.  Kalau kita semakin lama belajar dan praktek pasti jadi bisa juga.

Senang banget bisa ikut workshop seperti ini, pembicara membawakan dengan baik, ramah juga, menjawab pertanyaan dengan sabar.
Namun kekurangannya menurut aku hanya di pihak penyelenggara.  Tanpa ada maksud menjelekan atau apa, hanya sekedar sharing, pada gambar yang ada di instagram menunjukkan bahwa kita mendapatkan goodie bag dan pada undangan juga ada kupon gitu untuk sertifikat dan goodie bag, namun ternyata goodie bag harus di beli.


Selain itu, jam pengantaran undangan seminar di katakan di antar mulai jam 2 siang, aku tunggu sampe sore gak dateng2, ternyata di antar gojek jam 9.30 malam.  Ya mungkin ada kendala, namun pihak CP tidak mengabari sampai aku yang menghubungi mereka dan menanyakan keberadaan undangan (secara ntar kalo masuk kudu bawa undangan).

Di luar dari itu semua, ilmu yang di dapatkan benar2 bermanfaat dan membantu.
Setelah ikutan workshop gini jadi pengen ikut lagi, hehehe (bahaya untuk nasib dompet nih)
Secara harganya gak murah T.T

Aku saat ini masih belum berani buat makeup orang lain, pengen sih buat belajar makeup orang lain dengan struktur wajah beda2 pasti tantangan baru dan juga bisa nambah penghasilan.  Semoga kedepannya bisa lebih banyak pengalaman dan ilmu lagi yang bisa aku dapatkan.

Sekian buat event report kali ini, semoga bermanfaat ya :D

Thank you for stopping by
God bless !

Best Regards,






Find me here :


 GFC || Bloglovin

You Might Also Like

0 comments