[Review] Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum & Skin Smoothing Retinol Serum

June 29, 2023

Di cuaca yang tergolong ekstrim belakangan ini bikin paparan sinar UV ke kulit jadi meningkat lho.  Akibatnya kulit jadi mudah kusam, muncul noda hitam, berminyak, pori membesar dan lain-lain.  Eits jangan salah, bukan cuma yang beraktivitas outdoor yang bisa terpapar sinar UV loh.  Buat kalian yang mayoritas beraktivitas di dalam ruangan seperti aku juga bisa terpapar sinar UV yang lewat dari jendela, kaca dan lain-lain.

Lalu ada gak sih cara menghindari efek sinar UV?  

Ada donk, gak hanya dengan cara menggunakan sunscreen, kulit kita juga membutuhkan serum untuk menutrisi dan melindungi kulit kita.

Kali ini aku mau kenalin 2 serum yang lagi aku pakai belakangan ini, yaitu Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum.

Bagi kalian pecinta skincare, wajib tau dua kandungan ini, Niacinamide dan Retinol.

Niacinamide sendiri merupakan kandungan vitamin B3 yang sering digunakan untuk kebutuhan skincare.  Kandungan ini mempunyai berbagai macam manfaat, seperti melindungi skin barrier, meratakan warna kulit, mengontrol minyak pada wajah dan mencerahkan wajah.

Kulit yang terpapar sinar UV rentan mengalami berbagai masalah kulit, that's why kita perlu kandungan Niacinamide di rangkaian skincare kita.

Sedangkan Retinol adalah bentuk vitamin A yang mampu mengatasi masalah jerawat pada kulit, mencegah penuaan pada kulit, mengecilkan pori dan menyamarkan noda jerawat.

Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan halus mulai muncul lho, makanya kita perlu Retinol untuk menyeimbangkan kebutuhan kulit kita.

scarlett-niacinamide-retinol-serum

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum ini seperti namanya, mengandung Niacinamide 5%, Beta Glucan dan 7 Phyto Extract yang berfungsi untuk melindungi dan merawat skin barrier, mencegah permasalahan kulit yang disebabkan paparan sinar UV, mencerahkan sekaligus melembabkan wajah.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum berfungsi untuk melembutkan wajah, mencerahkan dan meningkatkan produksi kolagen serta mengurangi tanda penuaan pada kulit.


 scarlett-niacinamide-retinol-serum

Packaging

Kedua produk ini dikemas dengan menggukan box pada bagian luarnya, dengan warna yang berbeda untuk menandakan masing-masing produk.

Pada bagian box tercantum berbagai informasi seperti komposisi, cara pemakaian, tanggal expired produk dan hologram untuk mengecek keaslian produk.

Untuk kemasan produknya sendiri, terbuat dari botol kaca tebal yang tentunya gak ringkih, dengan ukuran netto 15 ml.  Ukuran botolnya sendiri cukup kecil dan travel friendly jadi hemat tempat banget.

Buat kalian yang belum tau, kalian udah bisa ngecek keaslian produk Scarlett yang kalian punya dengan cara scan produknya secara langsung atau kunjungi LINK INI.

Selanjutnya kalian bisa mengisi data ini

scarlett-niacinamide-retinol-serum
Setelah itu akan muncul tampilan verifikasi produk seperti ini

scarlett-niacinamide-retinol-serum

Ingredients

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Aqua, Niacinamide, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Capillaris Leaf Water, Propanediol, Centella Asiatica Extract, 1,2 Hexanediol, Creatine, Chamomilla Recutita [Matricaria] Flower Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Allantoin, Camellia Sinesis Leaf Extract, Butylene Glycol, Polacrylate Crosspolymer-6, Dmdm Hyadontoin, Xanthan Gum, Lavandula Angustifolia Oil, Yeast Ferment Extract, Allium Sativum Bulb Extract, Disodium Edta, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Punica Granatum Fruit Extract, Pvm/Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate, Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Bultyl Alcohol, Sodium Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Ceramide AP, Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Ceramide EOP.

Produk ini punya 6 active ingredients, yaitu :

Niacinamide 5% : Kandungan ini dikenal juga sebagai vitamin B3, berfungsi untuk memperbaiki skin barrier, antioksidan, antiinflamasi, mengontrol minyak di wajah, mencerahkan, menyamarkan hiperpigmentasi pada kulit.

Beta Glucan : Kandungan ini berasal dari jamur, ragi, oat, yang membantu merevitalisasi kulit dari tanda penuaan dan mencegah kerusakan DNA pada kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

7 Phyto Extract : Memiliki 7 kandungan ekstrak dari Moringa, Mugwort, Chamomile, Bifida Ferment, Pomegranate, Lotus dan Centella Assiatica yang berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit, menenangkan kulit yang berjerawat, melindungi kulit dari efek radikal bebas, menyamarkan bekas jerawat, memudarkan noda hitam, memperkuat skin barrier, mencerahkan dan mengurangi garis halus.

Allantoin : Berfungsi untuk melembabkan kulit dan menjaga kulit agar tidak dehidrasi serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Creatine : Kandungan anti aging yang dapat meningkatkan produksi kolagen, serta melembabkan kulit

Triple Complex Ceramide : Produk ini mengandung 3 jenis ceramide seperti yang tercantum pada bagian Ingredients, yaitu Ceramide NP, Ceramide AP dan Ceramide EOP, ketiga kandungan ini berfungsi untuk mengunci kelembapan, antiinflamasi dan melindungi skin barrier.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydanloin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyelthylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Buthyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl 60, Polyxorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone. 

Produk ini mengandung 5 active ingredients, yaitu :

Retinol : Salah satu bentuk vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan proses regenerasi kulit dan menyamarkan garis halus pada wajah.

Pomegranate Extract : Sumber antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mengurangi tanda penuaan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Hexapeptide-8 : Bermanfaat untuk mengurangi tanda penuaan, menenangkan iritasi pada kulit, memberikan kelembapan pada wajah serta meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Allantoin : Berfungsi untuk melembabkan kulit dan menghaluskan tekstur kulit.

Vitamin C : Vitamin C berperan untuk mencerahkan,mencegah penurunan produksi kolagen, menyamarkan hiperpigmentasi dan garis-garis halus.

 How to Use

1.  Teteskan serum pada telapak tangan sebanyak 2-3 tetes

2.  Oles secara merata ke seluruh wajah

3.  Tunggu 1-3 menit hingga produk meresap

Niacinamide : Gunakan pagi dan malam hari

Retinol: Gunakan malam hari

Untuk Retinol Serum :

- Gunakan 3 kali dalam seminggu 

- Menggunakan pelembab setelah penggunaan retinol

- Menggunakan sunscreen di pagi hari

- Retinol serum tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui ya

scarlett-niacinamide-retinol-serum

Texture & Performance

Dari segi warna, kedua produk ini sangat berbeda, untuk Niacinamide serumnya berwarna bening, sedangkan untuk Retinol serumnya berwarna putih.  Wangi kedua serum ini juga berbeda, untuk yang Niacinamide menurutku aromanya fresh, sedangkan untuk yang Retinol menurutku bisa dibilang tidak beraroma.  Sedangkan dari segi konsistensi, keduanya mirip, sama-sama agak kental seperti gel.  

scarlett-niacinamide-retinol-serum

Yang aku suka dari kedua serum ini, keduanya mudah menyerap di kulit, teksturnya ringan, gak ada rasa ketarik dan gak lengket.  Untuk kulit berminyak seperti aku, emang prefer serum-serum seperti Scarlett ini, karena gak bikin kulit semakin berminyak, tapi justru mengontrol produksi minyak di wajah.

scarlett-niacinamide-retinol-serum
 Conclusion

Setelah beberapa waktu penggunaan Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum, aku notice kalau bekas jerawat dan kemerahan di wajah aku berkurang.  Aku suka banget efek oil control dari serum Scarlett ini, biasanya wajah aku tuh akan berminyak lagi sekitar 2 jam setelah cuci muka dan skincare-an.  Tapi setelah penggunaan serum ini, aku merasa produksi minyak di wajah bener-bener dikontrol dan setelah 2-3 jam penggunaan, kulit gak se-berminyak biasanya.  Selain itu, kalau aku pakai Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum di malam hari, waktu pagi harinya kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

scarlett-niacinamide-retinol-serum

Kedua serum ini aku pakai bergantian, selama 1 minggu pertama, Retinol aku pakai sebanyak 2 kali seminggu, lalu sisanya aku pakai Niacinamide.  Setelah itu penggunaan Retinol aku tambah jadi 3 kali seminggu.

Oh ya, untuk kulit aku, gak ada efek purging, tingling atau breakout sama sekali.  Kulit ku aman-aman aja, gak terkelupas juga.  Menurutku serum dari Scarlett ini worth to try, efeknya kelihatan, harganya juga under 100k.

Buat kalian yang mau purchase produk ini, bisa klik LINK DI SINI ya.


Best Regards,
 






Find me here :

You Might Also Like

0 comments

☆ Labels ☆